Mercedes Benz B-Class adalah mobil hatchback kedua yang dibesut perusahaan dengan segmen di atas A-Class, namun perusahaan ini menggolongkan mobil ini sebagai sports tourer, bukan sebagai hatchback. Kehadiran perdananya pada tahun 2005 dan telah mengalami beberapa pembaharuan. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan sehingga berbeda dengan kendaraan lain yang dibesut oleh perusahaan, yang mengusung sistem penggerak roda belakang. Mesin yang dibenamkan di dalamnya merupakan mesin dengan performa moderat, yang mampu mengendalikan situasi dengan baik pada beberapa kondisi dan medan yang berbeda. Sedangkan peringkat peralatan yang digunakan tergolong cukup baik bagi mobil di kelasnya.

Mesin yang dibenamkan dalam kapnya adalah 1.6-liter yang tercatat mengagumkan di atas kertas. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 115 kW pada putaran mesin 5300 rpm dan pada saat yang sama menghasilkan torsi sebesar 250 Nm pada putaran mesin 1250 hingga 4000 rpm. Mesin handal ini memiliki daya laju untuk melintasi jalan bebas hambatan dan jalanan kota, walaupun tidak terlalu halus. Tuas untuk transmisi otomatis ditempatkan di belakang setir, pada posisi tengah, dan tuas persneling dapat digerakkan dengan cara mendorong, sehingga memudahkan pengemudi. Mobil ini mampu melesat hingga100 km/jam dalam waktu hanya 8.6 detik dan mampu mencapai kecepatan maksimal pada 220 km/jam. Mercedes memang telah membuat mobil ini berhasil menghemat BBM dengan kemampuan jarak tempuh sejauh 14.7 km/l.

B-Class ini mirip dengan A-Class dan mobil ini memiliki penampilan yang juga mirip. Headlight, lampu LED, gril besar, dan dimensi yang luas adalah aspek-aspek yang turut memberikan penampilan yang bagus, sedangkan penampilan belakangnya merupakan rancangan ulang dari jenis Mercedes lainnya. Mobil ini tampak bergaya dalam bentuk wagon karena tingginya yang menyolok, namun keseluruhan desainnya terlihat sporty dan berani. Mobil ini berdimensi panjang 4359 mm, lebar 1786 mm dan tinggi 1557 mm. Jarak dasar rodanya setinggi 2699 mm, tergolong tinggi dan berhasil memberikan keleluasaan dalam kabinnya. Sedangkan pelek roda dengan lingkar 17 inci turut menambah kesan besar mobil ini. Untuk varian sport, pelek roda yang digunakan adalah berlingkar 18 inci yang terkesan menantang.

B-Class berhasil menebar pesona dengan kualitas interiornya dan berbagai perlengkapan yang mumpuni. Kabinnya lapang, cukup untuk menyimpan seluruh barang dan daya tampung yang luas untuk 5 orang duduk bersama dengan nyaman. Pada bagian dasbornya, bentuk ventilasi AC tampak menyerupai kipas berat yang bertenaga sangat kuat. Sentuhan akhir mobil ini diwarnai dengan cat hitam mengkilap dengan sekelumit warna matte yang turut memberikan variasi bagi teksturnya. Mobil ini dilengkapi dengan sistem audio dengan koneksi bluetooth dan dapat mengoperasikan 6 CD bergantian, input USB/Aux, media penghubung universal dan sebuah layar sebesar 5.7 inci. Kursi-kursi Merc B-Class ini sangat nyaman untuk para penumpang di bagian depan, sedangkan kursi-kursi belakangnya tidak dilengkapi dengan bantalan pada bawah paha. Untuk ruang bagasi, para penumpang dapat mengisi bagasi sebanyak 486-liter atau 1545 liter bila kursi-kursi bagian belakang dilipat.

Mercedes-Benz B-Class merupakan mobil aman dan dapat melaju dengan halus pada permukaan jalan datar biasa. Kendaraan ini baik untuk dikendarai sesuai marka jalan. Semua elemen keselamatan yang dominan serta beberapa aspek tambahan telah melengkapi mobil ini. Bila terjadi pengereman mendadak, lampu rem darurat yang tersemat di belakang akan menyala untuk mencegah tabrakan dari kendaraan di belakangnya, dan apabila pengemudi dalam kondisi kelelahan karena perjalanan jauh, Bantuan Pemeriksa Kewaspadaan yang dirancang untuk mengenali perubahan mendadak pada pola mengendara, akan memberikan peringatan kepada pengemudi untuk beristirahat. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan ABS, airbag depan, sisi, lutut dan pilar, pengendalian anti selip dan lampu darurat responsif terhadap benturan.